KEUNTUNGAN USAHA PAPAN BUNGA MELEBIHI KEUNTUNGAN SEWA PROPERTI

KEUNTUNGAN USAHA PAPAN BUNGA MELEBIHI KEUNTUNGAN SEWA PROPERTY

Membaca judul di atas,  tentulah para bloggers terheran -heran. Masak iya sih sampai bisa begitu.Itulah analisis saya selaku pelaku usaha papan bunga di Medan. Usaha papan bunga dan ketrampilan merangkai papan bunga selama ini hanya dipandang sebelah mata bagi sebahagian orang. Bahkan ada yang mencibir bahwa usaha papan bunga ini adalah usaha rendahan dan ketrampilan merangkai papan bunga adalah ketrampilan yang tak berguna untuk dipelajari.Ada sebahagian orang lagi beranggapan usaha papan bunga adalah suatu usaha yang sulit untuk dijalankan dan mungkin tak jalan sama sekali karena susah untuk memasarkannya.Semua itu saya katakan tidak benar.

Pada awal mula saya mencoba terjun ke usaha papan bunga ini , saya sama sekali tidak punya latar belakang apapun tentang papan bunga. Saya tidak pernah bekerja di papan bunga dan sama sekali tidak mengetahui tentang seluk beluk papan bunga.Pada waktu itu sekitar tahun 2008.Saya merasa jenuh dengan usaha saya sebagai suppliyer makanana ringan di Medan.Menjual makanan ringan yang ukurannya besar , keluar masuk pasar tradisional yang bau dan kotor belum kemacetan lalulintas yang bikin gerah.
Hingga pada suatu hari , Paman saya menawarkan papan bunga miliknya untuk saya beli dengan harga murah.Sebenarnya saya tak berminat dengan usaha ini karena saya memang tidak tahu tentang usaha ini. Bagaimana dan mau memulai dari mana pun saya gak tahu.
Akhirnnya papan bunga itu saya beli , dan saya taruh di depan rumah.Keesokan harinya ada orang yang datang memesan papan bunga untuk suatui acara pesta pernikahan. Saya kebingungan bagaiman cara merangkainya. Saya katakan sejujurnya kepada orang itu tentang kelemahan saya. Rupanya dia seorang pemain papan bunga juga. Akhirnya saya belajar dengan dia dan seiring berjalannya waktu sata terus berjumpa , berkenalan, belajar dan bekerjasama dengan mereka yang telah lama bermain diusaha papan bunga ini.
Inilah salah satu yang melatar belakangi saya untuk mau berbagi tentang pengetahuan papan  bunga kepada para blogger.Karena dulu saya sangat sulit untuk bisa mencari pengetahuan tentang papan bunga, tetapi ALLAH SWT dengan caranya sendiri telah mempertemukan saya dengan orang - orang yang mau mengajarkan ilmu papan bunga kepada saya .Sekarang giliran saya untuk berbagi ilmu kepada para bloggers yang berminat dengan usaha papan bunga.

Baiklah kita masuk ke judul di atas
Dari analisa saya , pada saat tahun pertama memulai usaha papan bunga. Saya bisa menjual sekitar 50 papan perminggu, sementara papan bunga yang saya miliki cuma ada sepuluh papan . Jadi kalau dihitung dengan nilai modal sekarang, satu paket papan bunga lengkap dengan bunga dan jarum Rp 1.405.000. Total modal yang dibutuhkan untuk memiliki 10 papan bunga Rp 14.500.000.
Keuntungan satu papan bunga Rp 25.000 dengan perkiraan harga jual Rp 80.000/ papan , upah rangkai Rp 25.000 dan upah hantar Rp 30.000.. Dalam satu minggu kita bisa menjual 50 papan bunga x 25.000 = 1.250.000, jadi dalam satu bulan kita bisa menimbun keuntunganm 1.250.000 x 4 = Rp 5.000.000.
Dalam setahun kita bisa menikmati keuntungan Rp 5.000.000 x 12 = 60.000.000. Bayangkan seandainya kita berinvestasi pada sewa pro property. Di Medan harga property paling murah berkisar Rp 60.000.000 s/d Rp 100.000.000. Dengan harga sewa paling berkisar Rp 5.000.000 s/d Rp 10.000.000/ tahun. . Jadi kalau kita bandingkan keuntungan sewa papan bunga Rp 60.000.000/ tahun dan sewa property hanya Rp 5.000.000/ tahun sedangkan modal yang dikeluarkan jauh lebih murah usaha jasa sewa papan bunga yang cuma Rp 14.500.000 untuk 10 papan.

Itulah sekedar analisa  dari saya, semoga bermanfaat dan menginspirasi
Salam wira usaha




Joel Medan
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

🙋Mau buat papan bunga sendiri 👍? Cari tau dulu cara buatnya dan berapa biayanya .🚛

CARA MEMBUAT RANGKA PAPAN BUNGA VERSI ANNISA FLORIST | 081279031701 hp /wa

Cara bisnis papan bunga ( CARA MERANGKAI HURUF DI PAPAN BUNGA MEDAN )