CARA BISNIS PAPAN BUNGA ( TRIK 4M )

Gurih dan lezatnya keuntungan dari bisnis papan bunga membuat banyak orang yang tergiur ingin menekuni usaha ini.Sama seperti usaha yang lain, tanpa diimbangi dengan ilmu yang memadai bukan tidak mungkin usaha yang akan kita jalani akan jalan di tempat bahkan mungkin akan tumpur.Di zaman yang telah maju seperti saat ini , sebuah usaha tidaklah cukup apabila kita menjalaninya dengan cara - cara jadul misalnya, kita melengkapi papan bunga kita kemudian kita hanya menunggu orang yang akan datang kepada kita untuk menyewa papan bunga kita.Karena ketatnya persaingan maka kita akan dihadapkan pada kenyataan bahwa calon konsumen yang kita harapkan datang kepada kita mungkin sudah digoreng oleh orang lain sehingga mereka tak akan datang kepada kita.Maka dari itu kita perlu membekali diri kita dengan ilmu managemen sederhana. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu kita terus belajar.... belajar dan terus belajar meningkatkan ilmu mangemen yang kita milki sehingga kita akan bisa memenangkan persaingan.

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang managemen 4 M. Trik managemen ini sudah lama populer dan dipergunakan dinegara - negara maju di dunia. Saya mendapatkan ilmu managemen ini ketika saya mengikuti sebuah training bisnis di Malaysia.

4M adalah singkatan dari MAN POWER, METHODE, MACHINE dan MONEY. Dibeberapa negara maju mereka menempatkan MONEY di tempat paling terakhir. Ini dapat menjelaskan bahwa MONEY ( uang ) bukanlah segala - galanya.MONEY akan datang dengan sendirinya apabila kita telah bisa menyempurnakan MAN POWER, METHODE, dan MECHINE. Saya akan mencoba menguraikan satu persatu.

MAN POWER adalah penjelasan tentang skill para pelaku usahanya. Baik itu OWNER ( pemilk ) ataupun WORKER ( para pekerja yang bekerja pada usaha papan bunga ). Pada usaha papan bunga ada 3 skil MAN POWER yang harus dimilki, yaitu : 1. OWNER ( pemilki ) yaitu MAN POWER yang mengurusi atau mengelola  usaha itu dari A - Z. OWNER adalah orang yang sangat menentukan dalam maju atau mundurnya suatu usaha.Dalam kesehariannya owner harus bisa mengambil keputusan - keputusan yang tepat mulai dari mengelola permodalan , managemen kerja hingga penyelesaian sengketa - sengketa yang mungkin terjadi. 2. PERANGKAI, tenaga skill ini yang bertanggung jawab merangkai huruf - huruf di papan bunga sesuai dengan konsep yang diberikan kepadanya.3. PENGHANTAR, tenaga skill inilah yang bertanggung jawab untuk menhantar dan mengambil kemabil papan bunga.Tenaga skill inilah yang paling bertanggung jawab mengatasi masalah - msalah yang akan timbul di lapangan.
MAN POWER berada di posisi paling teratas dalam susunan managament 4 M

METHODE adalah cara - cara yang dilakukan dalam menyelesaikan satu siklus produksi papan bunga. Siklus Prosuksi bunga adalah : OWNER terima orderan dari calon konsumen kemudian bernegosiasi hingga tercapai kata sepakat pemesanan papan bunga. Kemudian owner menuliskan konsep papan bunga yang akan dirangkai lengkap dengan tanggal, hari dan alamat pengiriman dengan jelas. Kemudian menyerahkannya kepada PERANGKAI untuk dirangkai. Setelah papan bunga siap dirangkai maka PENGHANTAR mengantar papan bunga  ke  alamat acara yang dituju. Setelah acara selesai PENGHANTAR akan mengambil kembali papan bunga tersebut dan mengembalikannya kepada owner setelah sebelumnya dipoto sebagai tanda bukti papan telah dihantar. Kemudian OWNER mencetak poto dan menyiapkan kwitansi penagihan lalu menagih uangnya kepada konsumen ( kalau pembayaran di belakang ). Dalam satu siklus ini owner harus bisa mempelajari setiap proses dan menyiapkan dokumentasi yang diperlukan sebagai penelusuran kalau ada masalah di kemudian hari.
Ada beberapa permasalahan yang akan muncul dalam satu siklus produksi papan bunga, seperti :
1. Konsumen tidak menemukan papan bunga yang dihantar
solusinya posisikan papan bunga di tempat yang mudah dilihat dan dijelaskan, misalnya di depan Indomare, disamping pohon beringin atau tempat yang mudah dikenali.Ataua pada saat papan dihantar sms konsumen agar dia tahu.
2. Papan bunga tumbang karena angin kencang atau hal lain
Ikat papan bunga dengan kuat
3. Papan bunga hilang
Biasanya papan bunga hilang disebabkan karena terlalu lama mengambilnya di lapangan.
4. Perslisihan dengan para preman atau biasa disebut dengan PS ( Pemuda Setempat ). Mereka selalu datang pada saat papan bunga dihantar ataupun diambil dan meminta uang kepada penghantar . Ini bukan masalah selagi mereka berlaku baik dan tidak anarkis. Tetapi perkembangannya belakangan ini para PS tersebut memaksa minta uang di depan dibayar penuh ( pada saat papan bunga dinatar mereka meminta uang duluan ). Kemudian pada saat pengambilan ada orang lain juga meminta uang.Untuk menagatsi perselisihan maka perlu dilengkapi dengan dokumen yang jelas pada saat pemberian uang seperti kwitansi yang ditanda tangani oleh PS tersebut, tapi saya rasa ini belum cukup apabila papan yang kita hantar di suatu tempat jumlahnya banyak maka uang yang harus dibayar juga banyak maka perlu dilengkapi dengan suatu surat pernyataan pertangg
ung jawaban bila perlu poto PS tersebut.
5. Masih permasalahan lain yang tak mungkin saya sebutkan sat persatu.

MACHINE adalah alat yang dipergunakan untuk menyelesaikan satu diklus produksi papan bunga. Yang dimaksud MACHINE adalah becak barang bermotor ataupun picku untuk mengantar papan bunga, komputer dan peralatan kantor lainnya

MONEY tentulah anda tahu uang sebagai alat tukar yang sah untuk membeli papan bunga, peralatan, dan membayar upah para pekerja. Bagi anda yang menempatkan uang pada peringkat terbawah .Anda perlu berpikir lebih kreatife agar bisa tercipta bahwa uang akan datang kepada kita setelah kita bisa meningkatkan kwalitas diri kita.

Demikianlah sedikit artikel dari saya. Semoga bermanfaat dan mengispirasi.
SALAM WIRASWTA.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

🙋Mau buat papan bunga sendiri 👍? Cari tau dulu cara buatnya dan berapa biayanya .🚛

CARA MEMBUAT RANGKA PAPAN BUNGA VERSI ANNISA FLORIST | 081279031701 hp /wa

Cara bisnis papan bunga ( CARA MERANGKAI HURUF DI PAPAN BUNGA MEDAN )